KEBANGSAAN SEJAK DINI

Rasa nasionalisme harus dipegang oleh setiap warga negara dan wawasan kebangsaan harus diajarkan sejak mulai usia dini. Kali ini teman-teman KKN beserta Babinsa mengadakan acara tersebut melalui pelajar di SMPN 1 Tenggarang. Acara tersebut mengajarkan para pelajar tentang konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah, meliputi tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan, yang menyatukan bangsa dan negara secara utuh menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam.

Wawasan Kebangsaan sebagai konsepsi politik dan kenegaraan yang merupakan manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia. Sebagai satu kesatuan negara kepulauan, secara konseptual, geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. Sedangkan geostrategi Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Diharapkan adanya wawasan kebangsaan agar pemuda desa mengerti, menghargai, dan tahu akan tindakan yang harus dihadapi dengan rasa semangat nasionalisme yang tinggi.

IMG_8354IMG_8362

 

Related posts

Leave a Comment